ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN BAGI SISWA KELAS V DI MI AN-NAZWA CIKEUSAL
Keywords:
Kesulitan Belajar, Matematika, PecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan serta faktor penyebab kesulitan bagi siswa kelas V MI An-Nazwa. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas V dan peserta didik kelas V MI An-Nazwa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika pada materi pecahan yang dialami siswa kelas V MI An-Nazwa terdiri dari tiga komponen yaitu kesulitan memahami konsep pada materi bilangan pecahan; kesulitan keterampilan berhitung pada materi pecahan operasi hitung perkalian dan pembagian; dan kesulitan memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita. Sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas V MI An-Nazwa terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar diri siswa). Faktor internal diantaranya yaitu kurang sehat; sikap siswa dalam belajar; tingkat kecerdasan siswa yang rendah; minat siswa terhadap pembelajaran matematika yang rendah; dan motivasi belajar yang rendah. Kemudian faktor eksternal diantaranya yaitu terdiri dari faktor lingkungan keluarga yaitu kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa; faktor lingkungan sekolah yaitu metode mengajar yang kurang bervariasi; penggunaan media pembelajaran matematika yang kurang kreatif; faktor sosial yaitu pengaruh penggunaan media massa, siswa terlalu sering menggunakan gadget dan menonton TV sehingga kegiatan belajar siswa menjadi terbengkalai.