PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH

Authors

  • Farid Ma’ruf STAI KH. Abdul Kabier Author
  • Ujon Sujono STAI KH. Abdul Kabier Author
  • Nurul Inayah STAI KH. Abdul Kabier Author

Keywords:

Metode Resitasi, Motivasi Belajar Siswa, Fiqih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengguaan metode resitasi di MA Nurul Falah Kaung Caang Cadasari, motivasi belajar siswa di MA Nurul Falah Kaung Caang dan pengaruh metode resitasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Falah Kaung Caang. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nurul Falah Kaung Caang Cadasari Kabupaten Pandeglang, dengan jumlah sampel 34 Siswa dari populasi 136 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif. metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner/angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode resitasi dan motivasi belajar siswa di MA Nurul Falah Kaung Caang cukup baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bahwa metode resitasi memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 22,09% dan sisanya 77,91% ditentukan oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.

Author Biographies

  • Farid Ma’ruf, STAI KH. Abdul Kabier

    Dosen Tetap STAI KH. Abdul Kabier

  • Ujon Sujono, STAI KH. Abdul Kabier

    Dosen Tetap STAI KH. Abdul Kabier

  • Nurul Inayah, STAI KH. Abdul Kabier

    Mahasiswa STAI KH. Abdul Kabier

Published

2024-08-08

How to Cite

PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH. (2024). Al Kabier Journal of Islamic Studies, 1(1), 23-30. https://jurnal.staikha.ac.id/index.php/alkabier/article/view/9